Cabe Trinidad Moruga Scorpion Pepper
Kamis, 23 Agustus 2012 11:13

Cabe Merah Terpedas di Dunia :  Cabe Jenis Trinidad Moruga Scorpion Sebagai Juara Cabe Terpedas Dunia

Telah ditemukan varitas Cabe terpedas di dunia dan jenis cabe itu adalah Trinidad Moruga Scorpion yang bila dimakan akan menyebabakan badan berkeringat deras, membuat mata meneteskan air mata dan mebuat mulut serasa terbakar. Dengan nama seperti itu tidaklah heran jika sebuah riset yang dilakukan oleh ahli dari New Mexico State University's Chile Pepper Institute menetapkannya sebagai Cabe merah terpedas di dunia. cabe merah seukuran bola golf ini membukukan bilai tertinggi di antara cabe merah yang dinilai terpedas di dunia. Artinya memiliki lebih dari 1.2 juta unit pada skala Scoville Heat atau SHU, sementara tanaman sejenis baru mencapai skor 2 juta SHU.

"Jika dimakan sedikit itu belum berpengaruh, tetapi makin lama makin terasa pedasnya. Pedas sekali akhirnya," nilai Paul Bosland, seorang ahli Cabe merah dan direktur Insitut Cabe ini mengenai tingkat kepedasan Cabe ini. Para anggota riset didorong oleh produsen sambel saos Cabe, produsen bibit dan mereka yang berkecimpung di dunia industri makanan spicy untuk menetapkan tingkat kepedasan rata-rata varietas Cabe super pedas agar jelas klaim yang dibuat soal tingkat kepedasan Cabe. Ini belum pernah dilakukan sebelumnya, kata Bosland.
"Pertanyaannya adalah, dapatkah Chile Pepper Institute menetapkan patokan untuk tingkat kepedasan Cabe?", katanya. "Kepedasan Cabe adalah hal yang kompleks dan industri makanan tidak ingin menonjolkan satu buah Cabe pemegang rekor. Itu terlalu banyak faktor yang menentukannya. Apalagi hasilnya dari lembaga akademik berbasis di sekolah pertanian universitas dimana sebagian didanai oleh dana bantuan dari pemerintah federal dan kelompok industri dan tergantung pada beberapa proyek.

Trinidad Moruga Scorpion Pepper

Tim peneliti menanam sekitar 125 tanaman dari masing-masing varietas - Trinidad Moruga Scorpion, Scorpion Trinidad, 7-pot, Chocolate 7-pot Bhut Jolokia (yang merupakan pemegang rekor sebelumnya diidentifikasi oleh lembaga dan disertifikasi oleh Guinness World Records pada 2007). Buah matang yang dipilih secara acak dari beberapa tanaman dalam setiap varietas dipanen, dikeringkan dan digiling menjadi bubuk. Senyawa yang menghasilkan sensasi panas - Capsaicinoids - kemudian diekstraksi dan diperiksa.
Selama panen, peneliti senior spesialis, Danise Coon, mengatakan bahwa ia dan dua mahasiswa yang memilih tanaman Cabe ini melalui sampling dari cara empat pasang sarung tangan lateks.
Result

"Zat Capsaicin terus menembus lateks dan meresap ke kulit di tangan kami dan ini belum pernah terjadi kepada saya sebelumnya," katanya. Cabe dari varietas yang sama dapat bervariasi dalam panas tergantung pada kondisi lingkungan. Tergantung pada kondisi lingkungan tanaman - suhu panas atau air kurang, misalnya - akan menghasilkan buah yang pedas.
Ketenaran baru Cabe Trinidad Moruga Scorpion itu sudah membuat gelombangperubahan di industri makanan dan bagi mereka yang menyukai makanan pedas. "Seperti dengan semua tanaman Cabe pemegang rekor sebelumnya, kuncinya di bibit dan tanaman," kata Jim Duffy, seorang petani di San Diego yang disewa universitas untuk ditanam dengan biji untuk empat dari jenis cabe super-hot. "Seperti boneka Cabbage Patch tepat sebelum Natal atau Beanie Babies, itu seperti barang yang menimbulkan rasa panas." Bahkan orang-orang seperti Duffy atau peneliti berani menelan selurh Cabe Trinidad Moruga Scorpion di mulut mereka, dan dikuti oleh pencoba yang doapat dilihat di berbagai video di situs jejaring sosial.
Selama pecicipan Cabe, terjadi peningkatan aliran darah dan endorfin mulai mengalir. Wajah mereka berubah menjadi merah, keringat mulai bergulir, mata mereka dan air hidung dan ada sensasi api yang menyebar di seluruh lidah mereka dan ke kerongkongan mereka.
"Orang-orang benar-benar mendapatkan sensasi ini sesegera mungkin." kata Duffy. "Saya tahu orang-orang yang terus makan untuk sensasinya tetapi mereka juga harus menahan rasa sakit."
Ahli tanaman Cabe mengatakan bahwa memang ada segelintir orang yang cukup gila untuk menafikan pada rasa sakit, tapi sisanya hanya ingin mencoba cabe super-hot ini dengan teman-teman mereka atau membuat saus cabe super ini dan tidak mencoba semuanya.
Begitulah cara Bosland menggambarkannya. Dia mengatakan bahwa keluarganya  bisa membeli dua buah Cabe super-hot ini dan untuk persediaan makanan mereka untuk satu minggu.
Cabe jenis ini dikatakan tidak hanya terpedas di dunia, tapi mereka juga yang paling beraroma, kata Duffy.
"Anda bisa membuat saus barbeque atau saus pedas dari yang paling ringan sampai tingkat menengah dengan hanya menggunakan sejumput kecil Cabe itu dan sesegera menjadi ketagihan untuk menambahnya lagi," katanya. "Anda akan ingin makan, makan dan makan terus."

Sumber :

  1. Huffington Post
  2. Geekologie